7 Cara mudah menghasilkan uang dari blog

Sumber Ilustrasi gambar: Pasid.net
Banyak orang yang sepertinya mulai tergiur dengan keuntungan bermain internet. Apalagi dewasa ini, internet seakan sudah menjadi sarapan sehari-hari setiap orang. Bandingkan saja pada saat 10 atau 20 tahun yang lalu. Saat itu, bahkan hanya sekedar telephone genggam saja sangat jarang orang yang memiliki. Selain karena harganya yang cukup mahal, biaya untuk membeli pulsa dan lain sebagainya sangat-sangat mahal. Oleh karena itu, kebanyakan yang memiliki adalah kalangan golongan menengah ke atas. Namun, saat ini, nyaris seluruh penduduk di muka bumi memiliki perangkat seluler. Dengan harga yang semakin terjangkau dan akses yang mudah, semua orang ingin memiliki perangkat seluler. Apalagi perangkat yang sudah dilengkapi dengan akses internet yang cukup cepat dan stabil.

Nah, kembali lagi ke pokok pembicaraan. Tentu dengan akses yang mudah dan cepat seperti sekarang, banyak orang yang ingin memanfaatkan internet untuk menunjang berbagai aktivitas mereka. Seperti berbelanja, bertransaksi mengirim uang, berkomunikasi jarak jauh, dan banyak lagi. Oleh karena itu, internet saat ini bisa dibilang sudah sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari kita. Untuk itu, timbul timbul keinginan untuk mengetahui cara mendapatkan uang dari internet.


Seperti pekerjaan pada umumnya. Semuanya tentu membutuhkan kerja keras yang tidak sedikit. Segala sesuatu tentu perjuangan dan sedikit pengrorbanan. Tidak ada yang benar-benar instant di dunia ini, semua membutuhkan proses. Memasak mie instant saja pasti memerlukan proses seperti memasak air, memasukkan bumbu atau merebus mie terlebih dahulu. Ada prosesnya, begitu pula dengan menghasilkan uang dari internet. Jangan kira para master yang saat ini bisa menghasilkan ratusan dolar atau bahkan ribuan dolar dari website miliknya sudah seperti itu sejak awal. Mereka semua berproses. Berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Saya sendiri pun sampai detik ini belum bisa menghasilkan apa-apa dari blog pribadi saya. Namun begitu, saya tetap menikmatinya.

Baiklah, tidak perlu berlama-lama lagi. Di sini saya akan memberikan 7 cara mendapatkan uang dari blog. Check This Out.

   1.      Menjadi Content Writer

Saat ini, banyak sekali blogger atau pemilik website yang membutuhkan jasa penulis artikel sesuai dengan jenis website mereka. Nah, tentunya bagi Anda yang ingin mendapatkan uang dari internet tetapi blog Anda belum cukup menghasilkan apa-apa, tentunya Anda masih bisa menjual artikel Anda kepada para blogger yang membutuhkan tadi dengan harga yang telah disepakati. Dengan semakin banyaknya job Anda menulis artikel, Anda pun bisa membuat blog khusus yang memasarkan jasa Anda sehingga lebih mudah untuk para blogger yang ingin menghubungi Anda. Ini pula yang sedang saya geluti, menjadi penulis artikel di sebuah website.

   2.      Affiliate Marketing

Bergabung dengan program affiliasi adalah salah satu cara lainnya untuk mendapatkan uang dari blog. Namun, perlu diingat, bahwa sebaiknya program affiliasi yang kita ikuti sebaiknya sesuai dengan tema blog yang kita bangun. Seperti contoh blog Anda adalah seputar travelling dan wisata, Anda bisa ber-affiliasi dengan beberapa situs penyedia jasa hotel atau transportasi.

   3.      Google Adsense


Nah, untuk yang satu ini bisa dibilang masih menjadi yang paling populer di antara para blogger. Banyak dari kita tentu sangat bangga apabila blog kita berhasil lolos full aproved google adsense. Bagi yang belum mengetahui, google adsense adalah salah satu program PPC (Pay Per Click) dari google. Anda akan mendapatkan bayaran setiap kali ada pengunjung yang meng-klik iklan dari google adsense tersebut. bersarannya pun bervariasi. Pengunjung yang berasal dari benua amerika atau eropa adalah yang biasanya memiliki nilai tinggi. Untuk itu, sebelum Anda mendaftarkan blog Anda pada google Adsense, sebaiknya tingkatkan visitor di blog Anda sampai berjumlah kalau bisa 1000/hari.

   4.      Menulis Artikel tentang Bisnis/Website Orang Lain

Biasanya ini disebut dengan Paid for Review. Ada cukup banyak perusahaan atau website yang ingin produknya dikenal secara luas dengan cara seperti ini. Anda menulis sebuah review dan kelebihan tentang bisnis atau website orang lain, dan kemudian pihak dari sana akan membayar sesuai dengan kesepakatan. Artikel yang dibayar pun biasanya cukup mahal, yaitu bisa sekitar 300-500 ribu per artikel.

Namun begitu, untuk mendapatkan job review seperti ini tentu tidak mudah. Biasanya pihak perusahaan akan menghubungi Anda terlebih dahulu melalui kontak yang ada di blog Anda. Dan, pihak perusahaan tersebut tidak sembarang memilih blog. Biasanya blog dengan jumlah visitor yang cukup banyak adalah yang paling diminati.

   5.      Menawarkan Ruang Iklan di Blog

Sebelum Anda menawarkan ruang iklan untuk blog Anda, ada hal yang penting yang perlu diperhatikan. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, visitor tetap adalah hal yang cukup penting apabila Anda ingin menghasilkan uang dari blog. Tidak ada yang ingin memasang iklan di blog Anda apabila visitor per harinya masih sedikit. Namun, apabila visitor Anda sudah cukup mumpuni, hal ini sepertinya patut untuk dicoba. Namun, Anda sebaiknya menerima iklan yang sesuai dengan tema blog Anda.

   6.      Menjadi Web Designer/Web Developer

bagi Anda yang memiliki keahlian seperti ini, tentu Anda bisa menjual jasa Anda ini di internet melalui blog Anda dan mendapatkan penghasilan dari situ. Beberapa teman ada yang memiliki keahlian seperti ini, dan mereka sukses mendapatkan penghasilan dari situ.

   7.      Menjual Blog Anda

Nah, ini adalah opsi terakhir yang bisa Anda pilih untuk menghasilkan uang dari blog. Tentunya hal ini akan sangat berat, apalagi Anda yang memiliki kenangan cukup dalam bersama blog tercinta. Sebuah blog yang sudah Anda bangun bertahun-tahun dengan cukup susah payah.

Namun, apabila dirasa sudah tidak mampu untuk mengurus blog itu lagi karena berbagai kesbukan, Anda bisa menjualnya pada yang mampu mengurus melalui forum-forum atau grup facebook yang khusus membahas tentang blog. Untuk harganya, itu tergantung dengan kualitas blog dan kesepakatan antara penjual dan pembeli.

Nah, itu tadi dari saya 7 cara menghasilkan uang dari blog, semoga bermanfaat dan bisa Anda terapkan di blog masing-masing.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
15 January 2016 at 11:02 delete

Wah serunya dapat uang dari blog

Reply
avatar
10 March 2016 at 12:43 delete

nggak ada yang mudah dalam IMer, bro.. hahahah

Reply
avatar