7 Fakta Menarik tentang Pulau Lombok

Tanjung Ringgit, Lombok Timur

Pulau Lombok mungkin sudah sangat tidak asing di telinga banyak orang saat ini. Pulau yang terkenal berkat keindahan pantai dan alamnya. Berbagai wisata alam yang menjadi sektor andalan di Pulau yang masuk dalam bagian Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Namun, sebenarnya tidak banyak yang mengetahui beberapa fakta menarik tentang Pulau Lombok. Seperti halnya dengan tradisi ‘kawin lari’ yang kalau di daerah lain mungkin akan menganggap kalau itu adalah tindakan kejahatan berupa penculikan. Ya, setiap daerah memang memiliki tradisi yang unik dan menarik untuk ditelusuri asal-usulnya.

Berikut ini 7 fakta menarik tentang Pulau Lombok yang sudah kami rangkum:

1.    Dijuluki Pulau Seribu Masjid
Icon Lombok Barat (c) ddaylomboktours.com

 
Pulau Lombok sangat terkenal dengan julukan ini, tapi mungkin banyak orang yang belum tahu. Entahlah berapa jumlah pasti masjid di Pulau Lombok, namun hampir di sepanjang jalan Anda akan menemukan masjid. Jadi, apabila Anda berkunjung ke Pulau Lombok dan Anda adalah seorang muslim, mencari tempat ibadah tentu akan sangat mudah. Dan hampir setiap RT di Pulau Lombok memiliki masjidnya masing-masing. Hal ini tentu menunjukkan dengan jelas bahwa mayoritas penduduk Pulau Lombok adalah muslim.

2.    Terdapat gunung berapi aktif tertinggi kedua di Indonesia, Gunung Rinjani
Gunung Rinjani (c) trekkingrinjani.com

 
Tentu Gunung Rinjani sangat tidak asing di telinga para pendaki gunung. Dengan ketinggian  3.726 mdpl, Gunung Rinjani menawarkan keindahan alam yang sangat mengagumkan. Di antaranya adalah adanya danau kawah Segara Anak yang memiliki kedalaman 230 meter dengan airnya yang berwarna biru dan terlihat sangat indah. Ada juga pada savana dan masih banyak lagi. Bagi para pendaki gunung yang bahkan pernah mendaki sampai ke puncak gunung rinjani, selalu berharap untuk bisa mendaki sampai ke puncak untuk kedua atau ketiga kalinya.

3.    Penduduknya kebanyakan adalah pecinta makanan pedas 

Masyarakat Pulau Lombok memang kebanyakan sangat menggemari makanan-makanan pedas. Jadi, jangan heran kalau sebagaian besar makanan khas Pulau Lombok adalah makanan yang kebanyakan adalah pedas. Kalau orang kebanyakan mungkin menganggap makan nasi tanpa kerupuk kurang sedap, orang Lombok akan menganggap makan nasi kurang sedap kalau tanpa sambal.

4.    Suku Sasak adalah Suku asli di Pulau Lombok 

Seperti halnya kebanyakan daerah di Indonesia dengan beragam sukunya, Lombok pun memiliki Suku Sasak sebagai suku asli di Pulau Lombok. Segala adat dan budaya yang lahir dari nenek moyang pun masih sangat awet dan lestari sampai saat ini. pulau Lombok merupakan salah satu daerah di Pulau Lombok dengan masyarakatnya yang sangat aktif melestarikan budaya kearifan lokal. Salah satu contoh sederhananya adalah dengan menerapkan bahasa daerah asli, yaitu Bahasa Sasak sebagai bahasa sehari-hari.

5.    Surganya Para Pelancong 

Hal ini tentu sudah tidak asing bagi sebagian besar orang. Banyak yang sudah mengetahui kalau Pulau Lombok dikelilingi oleh puluhan atau bahkan ratusan pantai yang indah dan alam yang sangat mendukung. Dengan luas pulau yang tidak terlalu besar, Anda yang ingin berpergian dari tempat wisata yang satu menuju ke yang lainnya tentu tidak perlu memerlukan waktu lama karena jaraknya yang berdekatan. Yah, pantaslah menjadi rekomendasi para wisatawan yang dibilang sebagai surganya para pelancong.
6.    Mendapatkan Penghargaan sebagai World’s Best Halal HoneyMoon Destination dan World’s Best Halal Tourism Destination

Penghargaan yang baru saja diraih akhir tahun lalu ini tentu saja sangat membanggakan Indonesia dan Pulau Lombok secara khusus. Masyarakat patut berbangga diri karena berhasil menyingkirkan para pesaing seperti Uni Emirat Arab, Malaysia, Turki, dan beberapa negara muslim lainnya.

7.    Memiliki Budaya Pernikahan yang Unik
Adat Nyongkolan

 
Seperti yang sudah dijelaskan di awal. Lombok memiliki tradisi pernikahan yang sedikit berbeda dibandingkan dengan beberapa tempat lainnya di Indonesia. Kalau di daerah lain, perkawinan biasanya diawali dengan melamar, maka kalau di Pulau Lombok Anda akan menemukan calon mempelai pria akan ‘menculik’ calon istrinya. Menculik di sini bukan berarti menculik dalam arti sesungguhnya. Hanya membawa kabur calon mempelai wanita untuk beberapa saat. Kalau di luar daerah Pulau Lombok mungkin saja si laki-laki sudah dilaporkan ke polisi dan menjadi buronan.

Tradisi ini sudah ada sejak lama sekali dan tetap dilestarikan hingga saat ini. munculik di sini artinya adalah kedua mempelai sama-sama suka, yang artinya si calon mempelai wanita pun secara diculik secara sukarela, bukan dengan paksaan. Hanya saja hal ini dilakukan tanpa adanya persetujuan dari orang tua wanita tersebut.

Nah begitulah, itu dia tadi 7 fakta menarik tentang Pulau Lombok yang mungkin sebagian orang belum tahu.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar