7 Perbedaan Wordpress dan Blogspot

gambar wordpress dan blogspot

Bagi sebagian orang atau kebanyakan orang yang baru akan memulau membuat blog, kemungkinan akan kebingungan menentukan untuk memilih antara wordpress atau blogspot. Keduanya memiliki kelebihannya masing-masing, sehingga kembali lagi ke tujuan awal Anda untuk membuat blog, karena hal itu sangat berpengaruh untuk jangka panjang. Kalau para blogger yang sudah cukup mahir mungkin akan menyarankan untuk menggunakan blogspot saja apabila Anda membuat blog hanya untuk sekedar sharing pengalaman pribadi atau tulisan-tulisan Anda. Tapi, apabilan tujuan Anda blogging adalah untuk yang lebih professional seperti komersial dengan membangun komunitas atau berbisnis, tentu sangat digunakan untuk menggunakan wordpress.

Nah, masih bingung apa saja perbedaaan dari wordpress dan blogspot? Berikut ini saya akan tuliskan 7 perbedaan blogspot dan wordpress:

1.    Monetize blog

Apabila Anda ingin memonetize blog Anda dengan memasangkan google adsense pada blog tapi tetap ingin menggunakan domain gratis, bukan yang premium atau berbayar, tentu pilihan satu-satunya adalah menggunakan blogspot. Kenapa? Blogspot saat ini merupakan bagian atau bisa dikatakan anak dari google. Oleh sebab itu, Anda bisa langsung mendaftarkan blog Anda untuk diseleksi kemudian oleh pihak. Kalau blog Anda adalah wordpress, tentu terlebih dahulu diharuskan untuk meng-upgrade menjadi premium atau yang berbayar tanpa ada embel-embel wordpress di belakang nama domain Anda.

2.    Widget/Plugin

Kalau blogspot menggunakan istilah widget, maka wordpress terdapat plugin untuk aplikasi tambahan ringan pada blog Anda. Apabila tujuan Anda membuat blog adalah sebagai professional, maka plugin pada wordpress akan jauh lebih unggul. Karena ratusan ribu atau bahkan jutaan developer menyediakan beragam plugin untuk kebutuhan manajemen blog berbasis wordpress. Sebenarnya pada yang gratis pun bisa, namun akan sangat terbatas plugin yang bisa digunakan.

3.    Thamplate/Theme

Perbedaan lainnya pada blogspot dan wordpress adalah pada tampilannya. Kalau bloggspot menggunaan istilah Thamplate, maka pada wordpress dinamai dengan nama Theme. Untuk yang memiliki badget terbatas mungkin blogspot cenderung lebih memilih blogspot karena thamplate gratis bisa dengan mudah kita dapatkan, sedangkan untuk theme pada wordpress umumnya berbayar. Namun meskipun begitu, wordpress juga memiliki keunggulan dalam hal ini, yaitu theme pada wordpress bisa diupdate ke versi yang telah diperbaharui tanpa harus mengganti yang baru. Sedangkan pada blogspot tidak bisa, hanya bisa thamplate-nya diganti ke yang baru. Menurut para blogger handal, mengubah theme atau thamplate akan sangat berpengaruh pada blog, yaitu traffic-nya menjadi menurun.

4.    Setting pada blog

Untuk para blogger pemula, tentu menggunakan blogspot jauh lebih mudah pengaturannya dibandingkan menggunakan wordpress. Selain karena pengaturannya widget, tata letak dan lainnya lebih mudah, mengedit kode html untuk thamplate-nya pun tidak begitu sulit karena semua sudah terangkum dalam satu tempat. Berbeda dengan wordpress, Anda akan kesulitan mengaturnya untuk pertama kali.

5.    Artikel webnya

Dalam hal ini, perbedaannya cukup terasa. Kalau dalam blog wordpress, Anda bisa langsung dengan mudah meng-copy artikel yang sudah ditulis melalui micorsoft word ke halaman posting artikel di blog karena pada wordpress bisa langsung menghilangkan kode bawaan dari windows begitu artikel di paste ke dalamnya. Berbeda dengan pada blogspot. Sebaiknya, sebelum Anda meng-copy artikel dari microsoft word ke dalam halaman postingan di blog, ada baiknya untuk mem-paste-nya terlebih dahulu ke dalam aplikasi notepad. Karena apabila tidak, kode yang panjang sekali dari microsoft akan ikut terposting, dan tentu saja hal itu sangat mempengaruhi kecepatan browser dalam membaca halaman tersebut.

6.    Layanan Komentar

Untuk layanan koentar juga terdapat beberapa perbedaan pada blogspot dan wordpress. Pada wordpress, pemilik blog bisa dengan leluasa mengatur isi dari komentar orang lain di blognya. Seperti menghilangkan link dalam komentar baru kemudian menerbitkannya, atau mungkin apabila dirasa tidak layak diterbitkan bisa untuk tidak diterbitkan. Sedangkan pada blogspot pilihannya hanya ada 2, yaitu menerbitkan atau tidak.

7.    Mengedit Gambar

Mengedit gambar pada blogspot dan wordpress memiliki perbedaan yang cukup kontras. Kalau pada wordpress, kita bisa mengatur ukuran pixel gambar sesuai keinginan kita dengan mudah. Namun, kalau menggunakan blogspot hanya ada 3 ukuran yang bisa kita atur dan seringkali tidak sesuai dengan yang kita inginkan, yaitu ukuran besar, kecil, ataupun sedang.

Nah, itu tadi 7 perbedaan blogspot dan wordpress dari saya. Kalau saya dan mungkin sebagian besar blogger mungkin akan menyarankan Anda untuk menggunakan wordpress apabila ingin menjadi blogger dalam jangka panjang dan professional karena berbagai kemudahan dan wordpress bisa cocok untuk jenis blog manapun meskipun awalnya sedikit sulit, tapi seiring berjalannya waktu pasti akan terbiasa.

Namun begitu, apabila Anda tetap ingin menggunakan blogspot juga tidak ada salahnya, karena baik wordpress dan blogspot masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
18 January 2016 at 14:00 delete

Ooohh,... gitu tooo,... :D
thanks gan infonya ;)

Reply
avatar
18 January 2016 at 15:10 delete

thanks infonya gan, aslinya sih enakan hosting sendiri hehehe :D

Reply
avatar
27 January 2016 at 08:27 delete

Benar tuh no. 6. Di blogspot yang paling menyebalkan itu cuman terbatas dimenerbitkan atau tidak komentarnya. Kalau di wordpress, enak sekali. Malah komentar bisa dimodifikasi.

Reply
avatar