Google Map: Aplikasi yang Tepat Untuk Para Traveller


Sumber gambar: androidauthority.net
Ada yang belum pernah menggunakan aplikasi Google Map atau ingin menggunakannya tapi masih bingung bagaimana cara menggunakannya? Uh, cara penggunaannya cukup sederhana lho, tak perlu susah-susah mikir. Dan aplikasi ini sangat berguna terutama bagi orang-orang yang sangat suka berpergian jarak jauh menggunakan mobil atau motor pribadi.

Saya akan ceritakan sedikit pengalaman saya menggunakan aplikasi ini saat pergi ke Jawa Barat dari Kota Malang menggunakan motor sendirian untuk pertama kali. Uh, bisa dibayangin kan gimana bingungnya saya kalau enggak ada petunjuk arah? Apalagi rambu petunjuk arah yang biasanya ada di persimpangan jalan justru bikin bingung dan biasanya rambu-rambu seperti itu adanya di jalan-jalan besar saja.

Sebelumnya saya pernah mendengar beberapa kali seorang teman saya bercerita lewat statusnya atau ada jugayang bercerita secara langsung juga kalau dia sering kebingungan dan justru dibuat salah jalan oleh google maps ini. Entah karena salah menggunakannya atau karena memang google maps tersebut yang salah. Karena saya sangat sering menggunakan aplikasi ini, dan selama itu saya tidak pernah dibuat salah jalan. Bahkan di beberapa tempat saya sempat heran, bagaimana bisa jalan yang sangat kecil atau bahkan gang yang saya lalui pun terindex oleh google maps ini.

Nah, melanjutkan sedikit cerita saya yang melakukan perjalanan ke Jawa Barat, waktu itu saya sama sekali buta arah ke Jawa Barat. Hanya modal nekat dan kepercayaan saya sepenuhnya hanya pada rencana Allah dan sebuah gps yang sudah ter-install di ponsel pintar. Ponsel saya yang sudah lumayan nge-drop pun saya siasati dengan sebuah power bank yang sudah terisi penuh. Uh, kalau dipikir-pikir itu tindakan yang benar-benar nekat, apalagi saya cuman sendiri naik motornya.

Karena ke Jawa Barat tidak bisa dilakukan dengan satu hari langsung, saya berencana mampir di Jogja, di kos salah satu teman. Beruntung karena dia juga mau berbagi kamarnya dengan saya semalam.
Singkat cerita, saya sampai di Jogja kemudian besoknya lagi ke Jawa Barat tanpa rintangan yang berarti. Alhamdulillah. Padahal sepanjang jalan banyak banget bahaya yang mengintai kayak ban boncor, rantai lepas, atau kecelakaan karena ngantuk. Naudzubillahi mindzalik.

Sepanjang jalan saya benar-benar mengandalkan google map ini. Mulai dari jalan besar sampai masuk jalan kecil yang saya kira orang-orang dari Jawa Timur yang menuju Jawa Barat tidak akan melalui jalan itu. Jarak dan waktu dalam aplikasi ini sangat akurat. Setiap detail nama jalan, nama tempat, atau bahkan nama took di dekat sana sudah ter-input secara baik. Bahkan sampai jalan terkecil sekalipun sudah ada. Meskipun ada beberapa kesalahan letak lokasi, tapi lokasi yang sebenarnya pasti tidak jauh dari lokasi yang ditunjukkan oleh aplikasi itu. Ya, menurut saya sih wajar kalau ada sedikit kesalahan. Menurut saja aplikasi ini tidak perlu diragukan lagi, karena sudah terbukti dari sekian lama saya gunakan hanya sedikit sekali kesalahannya.


Oh iya, satu kelemahan mendasar dari aplikasi ini. Pastikan kalian punya paket data yang cukup untuk internetan atau sepanjang perjalan sinyal provider yang kamu pakai itu kuat, karena kalau sinyal gak ada atau ponselmu gak ada pulsa buat internetan ya aplikasinya enggak bakal berguna.

Bagi yang belum paham cara penggunaannya, ini saya sedikit kasi info cara pakainya. Berikut ini langkah penggunaan Google Maps:


Pertama, buka aplikasi google map yang ada di ponsel pintar masing-masing. Maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini. Setelah itu, tekan tombol yang ada di kanan bawah, tombol itu akan merujuk ke petunjuk arah tujuan lokasi yang diinginkan.
Gambar Google Maps
Tampilan saat pertama membuka google maps


Kedua, akan muncul seperti gambar di bawah ini. Setelah itu tinggal mengisi kolom tujuan yang diinginkan. Kalian, bisa mengisinya dengan nama-nama tempat umum seperti nama daerah atau instansi pemerintah dan nama jalan di daerah yang akan dituju. Sebagai contoh, saya akan menuju Kota Tasikmalaya yang ada di Jawa Barat. Kalian tidak bisa menulis nama lokasi yang dituju seenaknya, seperti lokasi rumah Pak Wahyu atau rumah Pak Selamet, kecuali Pak Wahyu dan Pak Selamet memang sudah sangat terkenal sehingga namanya sudah ter-input di dalam gps.
Gambar Google Maps
Tampilan kedua


Ketiga, akan muncul gambar seperti di bawah ini. Setelah lokasi yang ingin dituju dimasukkan dan telah ditemukan lokasinya, gps secara otomatis memberitahu jalan yang harus dilalui lengkap dengan jarak dan estimasi waktu tempuh. Tekan bundaran biru yang berada di bawah sebelah kanan, dan perjalanan sudah bisa dilakukan. Gps akan menuntunmu sampai tujuan, kapan harus lurus dan kapan harus belok.
Langkah ketiga
Setelah itu, kamu hanya tinggal mengikuti arah kemana google maps menuntunmu.
Gambar Google Maps
Langkah Terakhir




Selamat mencoba. ^_^

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
27 January 2016 at 08:29 delete

Sekarang itu kalau sudah mau nyari alamat di kota besar, tinggal buka google map. Enak memang. Malah kadang kelihatan pakai google street depan pinta rumah yang di pinggir jalan.

Reply
avatar