Sekilas tentang Pulau Lombok

Gambar Pulau Lombok
Pulau Lombok (c) anangelnino.blogspot.com

Pulau Lombok adalah salah satu dari 2 pulau besar yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan di sebelah barat dibatasi oleh selat Lombok. Dengan luas pulau bisa dibilang kecil, yaitu sekitar 5.435 m2, Pulau Lombok menawarkan keindahan alam yang sangat luas dari ujung ke ujung. Hal ini lah yang menjadikan pemerintah menetapkan pariwisata sebagai sektor andalan guna meningkatkan pendapatan daerah setiap tahun.
Kalau di daerah lain pulau kecil tidak memiliki nama khusus dan hanya disebut pulau biasa, di Pulau Lombok penamaannya berbeda. Semua pulau kecil yang ada di Pulau Lombok disebut dengan nama gili, dan yang paling terkenal adalah Gili Trawangan. Selain Gili Trawangan, ada juga Gili air dan Gili meno yang letaknya masih berdekatan antara ketiganya. Selain itu, masih ada gili lainnya, di antaranya adalah Gili Kedis, Gili Sudak, Gili Asahan, Gili Kondo, Gili Tangkong, Gili Sunut, Gili Nanggu, dan masih ada beberapa lainnya yang saya lupa namanya. Oleh sebab itu, tidak mengherankan kalau Pulau Lombok sangat terkenal dengan pantai-pantainya yang indah.

Gambar Gili
Gili Air, Meno, Trawangan (c) gilifastboat.com


Pulau Lombok saat ini terdiri dari lima Kabupaten/Kota, di antaranya adalah Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah dan Kota Mataram. Selain itu, masih ada beberapa daerah yang sedang direncanakan pemekarannya, di antaranya adalah Kabupaten Lombok Selatan yang saat ini masih dalam lingkup Kabupaten Lombok Timur dan Kota Praya yang saat ini masih dalam wilayah Kabupaten Lombok Tengah.

Memiliki sebuah Bandara Internasional bernama BIL (Bandara Internasional Lombok) yang beroprasi sejak tanggal 1 Oktober 2011 menggantikan Bandar Selaparang yang tutup satu hari sebelumnya. Pesawat yang pertama kali mendarat adalah Garuda Indonesia GA 432 jenis Boeing 737-800 NG dari Jakarta. Kemudian barulah pada tanggal 20 Oktober bandara ini diresmikan oleh presiden saat itu, yaitu Susilo Bambang Yudhoyono.

Memiliki bahasa kesatuan atau bahasa daerah yaitu bahasa sasak. Sampai saat ini, penggunaan bahasa sasak masih sangat kental dan bisa ditemukan di seluruh sudut Pulau Lombok. Mulai dari pedagang asongan sampai pejabat daerah kebanyakan sudah sangat fasih menggunakan bahasa sasak. Merupakan salah satu bahasa daerah yang masih sangat kental dan bisa dikatakan nyaris mustahil untuk punah karena menjadi bahasa sehari-hari.

Kalau di Jawa, lombok adalah bahasa jawa yang artinya adalah cabe. Padahal, meskipun sebagain besar orang Lombok adalah pecinta makanan pedas, cabe sama sekali tidak ada hubungannya dengan penamaan Pulau Lombok. Dalam Kitab Negara Kertagama kata sasak disebut menjadi satu dengan Pulau Lombok. Yaitu Lombok Sasak Mirah Adhi. Sasak berasal dari kata sa’-saq yang artinya satu. kemudian Lombok berasal dari kata Lomboq yang artinya lurus. Maka apabila digabungkan artinya adalah sesuatu yang lurus. Banyak juga yang mengartikan sebagai jalan yang lurus.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

komentar
3 September 2016 at 19:58 delete

Thanks informasinya, berkunjung juga ya ke Http://kucobalagi.com

Reply
avatar
18 June 2017 at 19:10 delete

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi customer service kami di:

* BB Pin : 55D9E147
* Y!M : bandarlive77
* Facebook : facebook.com/bandarlive77
* Fanpage : facebook.com/ils.indolivescore
* Twitter : @bandarlive77

http://bandarlive.com
http://bandarlive77.com
http://bdlive77.com
http://kimpoker.com
http://livedomino.com
http://indolivescore.com
http://topikindo.com
http://bandarlove.blogspot.com

Reply
avatar
23 July 2017 at 02:57 delete

Kompas QQ memberikan Promo & Bonus untuk saat ini :
• Bonus Referral 10% + 10% (Pembagian Setiap Hari Senin Jam 12:00)
• Bonus TurnOver 0.5% (Pembagian Setiap Hari Senin)

Daftar : http://bit.ly/2oLA1O4

Reply
avatar