Cara Daftar Internet Banking BCA cukup dengan 3 langkah Mudah

Seiring dengan perkembangan zaman,  saat ini transaksi dengan menggunakan uang tunai sudah semakin jarang kita temukan. Membayar cicilan, rekening air atau listrik, membeli barang atau apa pun bisa kita lakukan hanya melalui transfer. Belanja lewat online dan barang akan segera diantar ke alamat pembeli.

Nah, salah satu yang akan membuatmu semakin mudah dalam bertransaksi atau kegiatan mengirim dan menerima uang adalah dengan menggunakan aplikasi e-banking atau internet banking. E-banking atau yang biasa disebut Internet Banking adalah sebuah metode pembayaran atau transaksi melalui internet dengan menggunakan website yang dimiliki bank dengan sistem keamanan ketat.

Saya sebenarnya baru akhir tahun lalu mencoba menggunakan e-banking karena berbagai transaksi yang mengharuskan mengirim dan menerima uang melalui atm. Kalau bolak-balik atm cuman buat cek saldo kan capek juga, padahal ada cara praktis buat cek saldo. Belum lagi saya termasuk orang yang lumayan rajin berbelanja lewat toko online. Kalau bisa bayar dari rumah ya buat apa capek-capek ngantri di atm. Nah, begitulah. Sampai akhirnya mulai browsing cara-cara mendaftar internet banking.

Saya adalah nasabah Bank BCA, jadi dalam hal ini saya akan menjelaskan langkah-langkah mendaftar internet banking khusus untuk Bank BCA. Tapi meskipun ini untuk bank BCA, rasanya secara umum cara daftarnya akan sama dengan cara daftar internet banking mandiri atau beberapa bank dalam negeri lainnya.

Nah, begini langkah-langkahnya. Cara daftar internet banking BCA:

1.    Memiliki Rekening BCA 

Sudah pasti langkah pertama adalah kamu harus memiliki rekening BCA beserta kartu Atm BCA yang aktif. Karena yang tidak memiliki rekening BCA sudah pasti tidak akan bisa daftar internet banking BCA.

2.    Aktifkan Internet Banking

Gambar login klikBCA

 
Langkah kedua adalah dengan mengaktifkan internet banking kamu. Langkah kedua ini sebenarnya bisa kamu lakukan dengan cara daftar internet banking BCA via ATM terdekat tanpa harus ke Bank-nya. Langkahnya cukup mudah, kamu tinggal datang ke ATM BCA terdekat, setelah itu ada menu “daftar internet banking” di bagian paling bawah yang bisa kamu klik. Setelah itu ikuti instruksinya sampai selesai dan kamu akan mendapatkan printout struk yang berisi User id dan password. Pasword bisa berubah tapi User id sama sekali tidak bisa dirubah.

Nah, User id dan Password tadi digunakan untuk masuk ke login ke website BCA yaitu www.klikbca.com (jangan sampai salah link, karena dampaknya akan sangat berbahaya bagi saldo di rekeningmu). Sampai di sini Internet Banking milikmu belum sepenuhnya aktif, karena belum bisa digunakan untuk bertransaksi. Karena itu langkah selanjutnya adalah registrasi di cabang Bank BCA terdekat.

3.    Registrasi di cabang Bank BCA Terdekat

Gambar key BCA
Token atau Key BCA
Langkah ketiga adalah datang ke cabang Bank BCA terdekat di kota kamu. Cukup membawa KTP atau tanda pengenal lainnya beserta kartu atm atau buku tabunganmu juga bisa. Berikutnya antri untuk mendapatkan pelayanan dari customer service. Setelah itu ikuti saja instruksi dari CS tersebut dan nantinya kamu akan mendapatkan token atau key BCA yang akan digunakan sebagai pengaman dalam bertransaksi. Untuk caranya nanti akan dijelaskan oleh CS tersebut. Di sini kamu hanya perlu membayar sebesar Rp. 10.000 atas key BCA yang akan kamu bawa. Biasanya akan dipotong dari saldo yang kamu miliki di atm.

Pesan dari saya, berlatihlah tanda tangan yang benar-benar persis seperti di ktp. Karena waktu mendaftar itu, saya agak kesulitan mengulang tanda tangan yang persis seperti di ktp. Akhirnya terpaksa mengulang tanda tangan dengan berlatih beberapa kali di kertas kosong. Dan ternyata bukan hanya saya yang seperti itu, teman saya bahkan menghabiskan waktu cukup lama sampai akhirnya bisa tanda tangan yang sama persis seperti di ktp. Hal ini terjadi biasanya karena tanda tangan yang sudah berubah dengan yang awal seperti di ktp.

Nah, setelah dari bank kamu sudah bisa menggunakan internet banking BCA untuk berbagai transaksi yang kamu inginkan. Mudah, bukan? Cukup tiga langkah (yang sebenarnya adalah 2 langkah) mudah itu saja cara daftar internet banking BCA. Setelah ini kamu tidak perlu bolak-balik ATM hanya untuk cek saldo atau kegiatan transaksi lainnya. Semua bisa dilakukan di rumah, ya, dengan syarat memiliki koneksi internet.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
16 April 2016 at 21:09 delete

Iya betul kalau sering cek saldo dan bisa transaksi online seperti beli barang online lebih baik menggunakan internet banking, jam berapa aja bisa dilakukan

Reply
avatar