Pantai Tebing Lombok – Destinasi Wisata Pantai dengan Tebing Menjulang

Gambar Pantai Tebing
Pantai Tebing Lombok Utara (c) 7og4nk.blogspot.co.id


Pantai Tebing bisa menjadi salah satu pantai dalam to-do-list anda saat musim liburan tiba. Pulau Lombok bisa dibilang merupakan pulau paling high-class dari segi destinasi pantainya. Di era keterbukaan informasi seperti sekarang, banyak orang mengakui Pulau Lombok sebagai destinasi paling keren dan paling recomended selain pulau Bali tentunya. Dan salah satu destinasi pantai paling favorit di Pulau Lombok adalah pantai Tebing. Objek wisata pantai Tebing sangat populer terutama karena banyak traveler yang mengupload foto-foto luarbiasa dari pantai Tebing. Pantai Tebing ini memiliki berbagai keunikan dan juga pantainya yang sangat asri. Destinasi wisata pantai Tebing merupakan potongan surga yang berada di Pulau Lombok dan dipersembahkan bagi mereka yang menyukai keindahan.

Pantai eksotis milik Pulau Lombok ini terletak di Desa Sambik Bangkol, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Pantai Tebinng ini menjadi buah bibir bagi para traveler mania di seluruh Indonesia karena keindahan pantainya. Sesuai namanya, pantai Tebing merupakan objek wisata pantai yang memiliki tebing persis menghadap ke lautan luas. Tebing tersebut seakan-akan khusus dibuat untuk membendung ombak yang berdesir. Tebing tersebut menjulang tinggi hingga 20 meter, yang terbentuk dari endapan awan panas yang mengandung substansi fragmen koral.  Datangnya fragmen koral berasal dari letusan gunung Tambora pada tahun 1815 silam. Ilmiahnya yaitu endapan piroklastik dari letusan gunung api Tambora masuk ke dasar laut, akibatnya terjadi letusan susulan yang akhirnya membentuk tebing.

Bagi masyarakat lokal di Lombok, pantai eksotis ini bernama Pantai Balihai. Entah apa yang membuat namanya menjadi pantai Tebing, mungkin alasan rasionalnya karena terdapat tebing lalu kemudian di-share di media sosial. Bahkan masyarakat lokal banyak yang menyebut pantai Tebing ini dengan sebutan pantai Luk. Pantai ini memang belum terlalu populer seperti destinasi-destinasi wisata lainnya di Lombok. Namun berkat sosial media, khususnya Twitter, banyak orang mulai berdatangan ke pantai Tebing. Pantai Tebing ini biasanya dijadikan spot foto pra-wedding bagi beberapa orang. Biasanya pasangan akan berpose di atas tebing lalu dipotret di bawah oleh fotografer. Selain itu tebing yang berada di pantai Tebing berhadapan langsung dengan sunset pada sore hari. Bisa dibayangkan betapa kerennya pemandangan saat sore hari, dan kita bisa melihatnya saat duduk-duduk di atas tebing.

Kabar bagusnya adalah pantai Tebing ini belum terlalu ramai pengunjung, jadi bagi kamu yang menginginkan spot wisata yang tenang di Pulau Lombok kamu bisa mengujungi Pantai Tebing ini.  Nuansa pantai khas Lombok dan juga spot tebing yang unik membuat destinasi wisata satu ini sangat mungkin menjadi destinasi favorit di Pulau Lombok.

Untuk mengakses pantai Tebing ini diperlukan perjalanan sekitar 2 jam dari pusat kota Mataram. Namun terdapat beberapa jalur perjalanan yang bisa kamu ambil, salah satunya dengan melalui daerah Pusuk yang merupakan pegunungan dan dalam perjalanan kamu dapat menemukan banyak monyet di pinggir jalan, sangat eksotis!. Selain itu kamu juga dapat mengambil rute Senggigi di mana terdapat pantai dan bukit yang luar biasanya indahnya. Setelah sampai di objek wisata pantai Tebing, kamu bisa memarkirkan kendaraan tepat di bahu jalan utama karena tidak ada akses untuk kendaraan roda empat masuk ke daerah sekitar bibir pantai.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »