Sampai Kapan Destinasi Wisata Hidden Paradise akan Tetap Hidden?

Gambar Selfie di Tanjung Ringgit
Berselfie di Tanjung Ringgit

Belakangan ini nama Pulau Lombok semakin populer saja sebagai destinasi wisata favorit di Indonesia. Baik media mainstream maupun media sosial beramai-ramai membicarakan keindahan alam Pulau Lombok. Kemudian banyak destinasi wisata yang dijuluki Hidden Paradise oleh para wisatawan. Julukan ini tercipta karena banyaknya destinasi wisata mengagumkan yang belum terekspose dan baru-baru ini menjadi populer berkat kekuatan media. Ada juga beberapa selogan-selogan soal Lombok yang juga populer, “Jangan ke Lombok, nanti enggak mau pulang,” atau “Ayo dong ke Lombok!”

Salah satu prestasi terbaru yang berhasil diraih Pulau Lombok di bidang pariwisata adalah merebut gelar sebagai destinasi wisata halal dan juga destinasi wisata bulan madu halal terbaik di dunia. Bersaing dengan ratusan negara muslim dunia. Benar-benar prestasi yang membanggakan, itu artinya Lombok bukan hanya dilirik oleh masyarakat Indonesia saja, tapi sudah sampai ke seluruh dunia.

Gambar Tanjung Ringgit
Ujung Selatan Pulau Lombok, Tanjung Ringgit

Tentu saja setelah mendapatkan penghargaan itu akan secara otomatis mengundang semakin banyak investor dan juga wisatawan dari berbagai belahan dunia ataupun daerah lain di Indonesia. Akan ada film terbaru yang menghiasi layar lebar dengan setting pulau seribu masjid ini dan rencananya akan tayang perdana tanggal 14 april 2014. Film itu adalah Kalam-kalam Langit. Selain itu juga kabar terbaru menyebutkan kalau di Pulau Lombok akan dijadikan lokasi syuting Film MTMA (My Trip My Adventure).


Nah, dengan begini pasti Pulau Lombok akan menjadi semakin populer dan ramai dikunjungi para wisatawan. Saya pribadi sebagai keturunan sasak asli merasa bangga, tapi di sisi lain juga ada takutnya. Di awal tadi saya menyebutkan kalau destinasi wisata di Pulau Lombok banyak dijuluki hidden paradise. Tentu saja hidden paradise tidak akan lagi menjadi hidden paradise kalau sudah terekspose dan banyak orang tahu.

Gambar Gili Sudak
Menikmati keindahan alam Gili Sudak


Gili Kedis salah satunya. Belakangan ini banyak blog atau website yang membahas tentang tempat wisata ini. Saya pernah sekali ke sana, dan memang tempatnya luar biasa keren. Bukan berlebihan mengatakan seperti itu, karena pulaunya yang kecil sekali dengan keberisihan yang masih terjaga dan pasirnya putihnya, tentu saja akan membuat orang terkagum-kagum. Apalagi di sana masih cukup bersih. Uh, siapa pun bisa merasakan seperti pulau itu adalah miliknya.

Nah, bagaiamana kalau gili ini sudah menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi setiap harinya dan sebagian wisatawan yang berkunjung memiliki mental ‘sakit’? Akibat dari mental ‘sakit’ dari wisatawan ini beberapa tempat wisata menjadi kotor dan kumur, perilaku yang sangat tidak bertanggung-jawab. Di beberapa meme yang tersebar di media sosial juga memberi sindiran bahwa kalau ada tempat wisata keren sebaiknya jangan diekspose, nanti bisa kotor oleh orang-orang ‘sakit’ itu. Ya di satu sisi saya setuju, tapi di sisi lain juga sepertinya itu bukan solusinya.

Cepat atau lambat tempat wisata itu pasti akan diketahui oleh media dan tersebar luas di internet. Jadi masalahnya bukan pada tempat wisata, tapi pada oknum yang tidak bertanggung jawab. Selain itu dengan mengekspose lokasi wisata itu kita juga secara tidak langsung membantu pemasukan warga setempat yang biasanya tergolong masyarakat menengah ke bawah.

Ya, ada yang suka untuk tidak mengekspose, ada juga yang tidak suka. Itu tergantung pada setiap orang yang pasti memiliki alasan masing-masing. Yang jelas tentu saja saya kalau kelak (semoga dalam waktu dekat) mental wisatawan di Indonesia sehat semua, tidak ada yang sakit. Tidak perlu mendikte orang, mulai dengan diri sendiri dari hal kecil seperti buang sampah pada tempatnya yang bahkan sejak di Sekolah Dasar sudah diajari. Kalau sudah begitu, pulau yang katanya punya banyak hidden paradise ini akan tetap aman tetap terjaga keperawanannya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 komentar

komentar
15 March 2016 at 14:03 delete

keren gan tempatnya, lombok memang surganya destinasi traveller

Reply
avatar
15 March 2016 at 14:20 delete

Wah destinasi wisatanya bagus banget gan. Jadi pengen kesana

Reply
avatar
16 March 2016 at 06:05 delete

Wow keren ya, harus nya Pemerintah di Lombok harus cepet tanggap supaya bs menjadi kas pemasukan daerah juga.. Asli keren, jadi kepingin jalan2 kesana

Reply
avatar