Air Terjun Jeruk Manis, Keindahan yang Tersembunyi di Kaki Gunung Rinjani

Gambar Air Terjun Jeruk Manis
Air Terjun Jeruk Manis (c) id.lombokindonesia.org

Pulau Lombok memang memiliki pesona wisata alam yang mempesona dan eksotis. Selain wisata pantai dan alam bawah lautnya yang sudah mendunia, wisata alamnya juga seolah tak mau kalah menawarkan keindahannya dalam menarik pengunjung yang datang ke Pulau Lombok. Selain Gunung Rinjani yang menjadi tujuan favorit para pendaki, Lombok juga memiliki wisata alam berupa Air Terjun yang menawarkan keindahan dan kesejukan alami mata air pegunungan salah satunya wisata Air Terjun Jeruk Manis.

Air Terjun Jeruk Manis atau yang biasa diplesetkan oleh masyarakat Lombok Air Terjun Jerman terletak di Desa Barong Panas sebelah Utara Tete Batu, Lombok Timur. Air Terjun ini berasal dari mata air Gunung Rinjani dengan ketinggian 50 meter. Mengalir di lembah yang sempit, Air Terjun Jeruk Manis merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani.

Agar dapat menikmati keindahan dan kesejukan ini, kita harus menempuh perjalanan sejauh 1,5 Kilometer dengan berjalan kaki dari gerbang masuk. Namun sepanjang perjalanan kita akan ditemani dengan berbagai jenis tanaman yang tumbuh di sepanjang jalan. Tak hanya itu, kita juga akan menjumpai berbagai jenis fauna seperti kera dan rusa yang berkeliaran bebas di alam liar.

Jika rasa lelah menerpa, kita bisa beristirahat di Berugak (semacam gazebo) yang kita temui di tepi jalan. Terdapat tiga Berugak, namun disarankan agar kita menahan rasa lelah kita sampai ke Berugak yang terakhir karena jaraknya paling dekat dengan Air Terjun Jeruk Manis. Selain itu, di Berugak yang terakhir mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan hutan lindung yang asri sembari beristirahat sejenak. Setelah rasa lelah mulai hilang, lanjutkan kembali perjalanan dan kita akan segera menemukan air terjun yang sangat indah Air Terjun Jeruk Manis. Jika kita sudah menyentuh air dan bermandi-mandi ria atau sekadar bermain air di sungai yang ada di area Air Terjun Jeruk Manis, di jamin rasa lelah kita akan terbayar lunas dengan kesejukan dan keindahan yang ditawarkan Air Terjun Jeruk Manis.

Demikian sedikit informasi tentang Air Terjun Jeruk Manis, selamat berlibur!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
18 April 2016 at 12:30 delete

pemandangan dan panorama indah sekali yang ada di air terjun jeruk manis. penasaran dengan air disana. sepertinya dingin. pengen kesana, sayang jauh kak..

Reply
avatar