Air Terjun Tiu Pupus – Air Terjun Eksotis di Kaki Gunung Rinjani

Gambar Air Terjun Tiu Pupus
Air Terjun Tiu Pupus (c) caderabdul.wordpress.com
 
Air Terjun Tiu Pupus merupakan air terjun yang terletak di kaki gunung Rinjani, dan keberadaannya merupakan berkah alam yang tiada duanya. Yang membuat air terjun di Lombok Utara ini begitu spesial adalah karena kondisi alamnya masih sangat alami dan juga air yang menyembul dibagian atas terlihat sangat indah dipandang mata. Air terjun eksotis ini terletak di Desa Genggelang, Gangga Lombok Utara. Pepohonan di sekitar air terjun semakin menambah kesan eksotis tempat ini. Anak kaki gunung Rinjani ini sangat populer terutama bagi masyarakat Lombok, keberadaannya semakin menambah daftar destinasi wisata terbaik yang dimiliki oleh Pulau Lombok.

Mendengar namanya sepintas kita berasumsi bahwa air terjun ini awalnya ditemukan oleh orang yang putus asa mencari sumber mata air lalu kemudian menemukan Air Terjun Tiu Pupus ini. Perspektif seperti itu sangat jauh dari kenyataan, karena faktanya nama Tiu Pupus berasal dari kata Tiu yang berarti genangan air dan Pupus yang berarti akar. Secara filosofis nama tersebut berasal dari suku Sasak yang berarti aliran air yang terbendung oleh akar-akar yang ada di atas air terjun. Air terjun ini memiliki lebar hampir 10 meter dan ketinggian 50 meter, jadi ini merupakan salah satu air terjun yang lumayan tinggi. Akar-akar kayu yang berada di atas air terjun membuat aliran air yang jatuh kebawah terlihat sangat indah, persis seperti kain sutera yang dibentangkan ke bagian bawah.

Jangan coba-coba naik keatas permukaan air terjun, karena permukaannya sangat curam. Pepohonan dan ekosistem alamnya pun masih sangat alamiah, siapapun yang mengunjunginya akan merasakan seperti di air terjun yang berada di hutan rimba. Di sekitar area Air Terjun Tiu Pupus ini terdapat pohon-pohon kakao, dan bukan rahasia lagi bahwa Lombok memang salah satu penghasil kakao terbesar di Indonesia. Dan kabar baiknya, untuk masuk dan menikmati air terjun ini tidak memerlukan biaya. Free access tersebut merupakan hal yang jarang ditemui di objek-objek wisata lainnya. Namun untuk keperluan pengembangan wisata, mungkin saja di masa depan nanti akan dipungut biaya untuk masuk ke air terjun ini.


Selain bisa menikmati air terjun, travelers juga dapat menemukan bendungan yang tak jauh dari spot air terjun. Bendungan tersebut merupakan media pengairan untuk sawah-sawah yang berada disekitar area tersebut, dibangun oleh pemeritah Lombok pada tahun 2005 silam. Kamu bisa bersantai disekitar bendungan dan melihat air terjun dari jauh.  Sedikit tips jika akan berkunjung ke Air Terjun Tiu Pupus ini adalah travelers harus membawa bekal makanan sebanyak-banyaknya, karena di spot air terjun tidak ada penjual makanan. Kamu bisa menemukan berbagai makanan ringan di kota terdekat dengan air terjun eksotis ini.

Direkomendasikan untuk memakai sepatu khusus gunung, karena trek perjalanan menuju Air Terjun Tiu Pupus sangat terjal dan dipenuhi lumut. Jalur perjalanan menuju tempat wisata ini sangat licin, pastikan travelers agar tetap hati-hati selama perjalanan. Untuk dapat mengaksesnya, kamu bisa melalui jalur perjalanan dari pusat kota Mataram ke Pemenang Lombok Utara, setelah itu melakukan perjalanan ke spot lokasi Air Terjun Tiu Pupus. Perjalanan dari pusat kota Mataram hingga ke gerbang Air Terjun Tiu Pupus membutuhkan waktu hingga 2 jam.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »