Berburu Wisata Kuliner di Seputaran Depok

Depok terus berkembang. Warga Depok boleh berbangga hati melihat daerahnya mengalami kemajuan dari waktu ke waktu. Jalan Margonda yang menjadi pusat utama kegiatan bisnis dan perdagangan semakin padat dan menjanjikan. Pusat-pusat perkantoran, mal, hotel hingga apartemen berada di sisi kanan dan kiri jalan. Akan tetapi, satu yang tak bisa dilepaskan dari Depok yaitu keberadaan kampus-kampus pendidikan yang bergengsi, sebut saja Universitas Indonesia dan Universitas Pancasila. Keberadaan rumah-rumah kos yang disesaki mahasiswa tentu tak dapat dilepaskan dari Kota Depok.

Mahasiswa-mahasiswa inilah yang membuat Depok seperti kotanya para pemuda. Kafe-kafe dan tempat makan unik pun menjamur. Depok seperti surga kuliner. Mulai dari restoran besar, food court di dalam mal-mal, kafe dengan gaya kekinian, sampai penjual makanan kaki lima menyediakan pilihan makanan dan minuman yang dapat memanjakan lidah. Harganya bervariasi, bisa disesuaikan dengan kantong. Di antara pilihan kuliner yang ada di Depok, berikut yang bisa dicoba:
 
Gubug Makan Mang Engking
 
Berlokasi di Danau Salam, Kampus UI Depok, Gubuk Makan Mang Engking menyediakan aneka hidangan seafood, mulai dari Udang, Gurame, Kepiting, Kepiting Lemuri, Cumi-cumi, bahkan ikan air tawar, yaitu ikan Bandeng. Tersedia juga sayuran dari tumis kangkung, karedok, sayur asem, dan lalapan khas Sunda. Aneka jenis minuman dan jajanan pun ada, sebut saja minuman standar seperti es teh manis, sampai minuman alami seperti kelapa muda, kopyor, dan cincau. Untuk jajanannya, Anda bisa mencicipi Klappertart, otak-otak, pancake durian, dan lain-lain. Yang terkenal dari keseluruhan menunya adalah Udang Bakar Madu.

Yang membedakan restoran ini dari restoran seafood lainnya adalah konsep gubuk sebagai tempat makan. Gubuk-gubuk berdiri di atas kolam ikan mas dan dipayungi oleh rindang pepohonan sehingga terasa sejuk. Sisa makanan juga bisa dilemparkan ke ikan-ikan tersebut yang akan disambut dengan senang hati. Para pengunjung dapat makan secara lesehan sehingga terasa tradisionalnya.
 
Bebek H. Slamet 
BagiAndapecintadaging bebek, Anda bisa mampir ke Bebek H. Slamet yang berada di Jalan Margonda Raya No. 275. Tersedia aneka menu daging bebek dari kepala sampai cekernya dengan harga terjangkau. Ada pula menu daging ayam jika Anda tidak suka daging bebek. Seluruh menunya digoreng dan disajikan dengan sambal dan lalapan. Berada di pinggir jalan Margonda, lokasi tempat makan ini tentu saja mudah dijangkau.
 
Gambar Bebek H. Selamet Sumber Gambar : jajanhalal.com
 
Mang Kabayan
 
Menu masakan khas Sunda dan seafood juga bisa Anda temukan di Restoran Mang Kabayan yang berlokasi di Jl. Margonda Raya No. 488, Pondok Cina, Depok. Berada di pinggir jalan Margonda, Anda akan langsung dapat melihat bangunan restoran dengan bentuk rumah tradisional dan tulisan “Mang Kabayan” yang besar-besar di atap pintu restoran. Di antara menunya adalah Nasi Timbel, aneka masakan gurame (goreng, bakar, acar kuning, cobek ijo, asam manis, dll), bandeng, ayam goreng, sate ayam, gepuk goreng, sop dan pepes, serta aneka jenis sayuran dari leunca, kangkung, karedok, kalian, dan lain-lain.

 
Mang Kabayan
Sumber Gambar : mangkabayan.co.id

Zoe Café

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwasanya Depok dipadati oleh mahasiswa-mahasiswa yang sedang menuntut sehingga bertaburanlah kafe-kafe di pinggir-pinggir jalan. Kafe-kafe itu dikonsep sedemikian rupa sehingga benar-benar menampilkan wajah asli mahasiswa yang larut dengan buku. Salah satunya adalah Zoe Café, Café and Library, yang terletak di Jalan Margonda Raya No. 27. Sambil menikmati makanannya, Anda bisa membaca koleksi buku yang ada di sana.

Tentunya masih banyak lagi wisata kuliner di seputaran Depok yang bisa Anda jelajahi. Untuk akomodasinya, Anda bisa menginap di Hotel Santika Depok di Jalan Margonda Raya No. 88 Depok. Lokasinya berdekatan dengan Margonda City Mall dan Plaza Depok, sehingga memudahkan Anda berbelanja. Bila Anda adalah orangtua dari mahasiswa UI yang akan diwisuda, Anda juga bisa memesan kamar di Hotel Santika Depok ini karena dekat dengan kampus Universitas Indonesia. Fasilitas yang disediakan pun lengkap, dari mulai sarapan, layanan kamar, wifi, AC, kolam renang, televisi, dan lain-lain. PenawaranhargaterbaikdapatAndatemukan di traveloka. Pastikan Anda sudah memesan kamarnya sebelum berwisata kuliner di Depok. 

Gambar Zoe Café
SumberGambar : traveloka.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
20 September 2016 at 09:50 delete

saya mau tuh bebeknya.... makanan favorit aku tuh...

Reply
avatar
20 October 2016 at 14:35 delete

sepanjang jalan margonda surga kuliner depok
klg
fatma farma

Reply
avatar