Ingin Berwisata Sambil Belajar? Ajak Anak Anda Berwisata Edukasi Di Yogyakarta

Museum Dirgantara Yogyakarta (c) yogyatrip.com
Katanya, kota Yogyakarta, adalah kota yang akan selalu dirindukan, mulai dari keramahan warganya, tempat-tempat wisata alam yang menakjubkan, kuliner yang variatif juga lezat, dan hampir semua yang ada di Jogja, bisa dikatakan hampir semua harganya sangat terjangkau. Siapa pun dan apapun status kalangannya, baik muda maupun tua, Jogja adalah tempat untuk semua orang, tidak terkecuali buah hati Anda. Selain memiliki beragam wahana wisata menarik dan menyenangkan, Yogyakarta juga memiliki wisata yang edukatif, dan pastinya bisa memberikan tambahan pengetahuan baru bagi si kecil. Karena Sejatinya, berwisata bukan hanya tentang bersenang-senang saja, lebih dari itu, berwisata juga bisa memberikan pengalaman dan pengetahuan baru bagi buah hati Anda.
 
Untuk mendapatkan pengalaman liburan yang berkesan, persiapkan terlebih dahulu fisik anak dengan tidur yang cukup, jangan sampai anak terlalu capek karena kelelahan di perjalanan, banyak hotel murah di Yogyakarta yang bisa anda pilih untuk memulihkan tenaga, sebelum esoknya memulai petualangan wisata edukasi bersama si kecil. Dan berikut daftar tempat wisata edukasi yang bisa anda kunjungi di Yogyakarta.
 
  • Kampung Dolanan Pandes
Saat pertama masuk ke kampung ini, anda akan disambut oleh patung-patung dari jerami yang menggunakan pakaian tradisional. Simpan sejenak gadget anak anda, karena di Kampung Pandes, anak-anak akan diajak bermain langsung di luar rumah. Di sepanjang jalan kampung ini, Anda dan si kecil bisa mendatangi setiap rumah yang berada di sepanjang jalan untuk melihat bagaimana pembuatan mainan tradisional oleh tuan rumah. Tidak perlu segan karena para pemilik rumah juga dengan senang hati akan memberikan bantuan dan kesempatan kepada pengunjung untuk ikut membuat mainan tradisional, mulai dari kitiran, wayang kertas, kapal othok-othok bahkan gamelan. Berwisata ke Kampung Dolanan Pandes ini, selain bisa mengenalkan kepada buah hati mengenai kekayaan dan kearifan lokal, anak juga bisa mengerti arti dari kerja keras. Disamping itu, selain memberikan pengetahuan tambahan untuk si kecil, Anda juga sekaligus bernostalgia dengan mainan masa kecil.

Kampung Dolanan Pandes
Alamat: Dusun Pandes, Panggungharjo Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta
 
  • Desa Wisata Kasongan
Disini anda tidak hanya akan mengenal beragam gerabah dan keramik yang bisa dibawa pulang, tapi Anda juga berkesempatan untuk bisa belajar langsung cara pembuatannya. Desa wisata ini juga memberikan kesempatan kepada para pengunjung, termasuk buah hati Anda, untuk ikut membuat gerabah, mulai dari membentuk tanah liat hingga menjadi gerabah yang siap untuk dijual. Perlu diketahui, kegiatan membuat gerabah bisa mengasah sistem motorik anak, membentuk tanah liat, membengkokkan menjadi bentuk yang kita inginkan, selain menyenangkan, juga menjadi rangsangan yang bagus untuk mempertajam kreativitas si kecil.

Desa Wisata Kasongan
Alamat: Kasongan, Kasihan, Tirtonirmolo, Kec. Bantul, Bantul, D.I. Yogyakarta.
Jam Operasional: 08.00 – 18.00
Tiket Masuk: Rp50.000,- per orang untuk minimal empat orang dalam workshop pembuatan gerabah
 
  • Desa Wisata Brayut
Berkegiatan dan beraktivitas di alam terbuka akan selalu menjadi pengalaman yang menyenangkan, terutama bagi anak-anak. Apalagi  dengan adanya unsur edukasi dalam setiap kegiatan, Anda dan si kecil akan semakin kompak sebagai keluarga, juga menambah pengetahuan. Dan wisata di Desa Wisata Brayut menawarkan pengalaman tersebut bagi Anda dan keluarga. Di sini, Anda dan si kecil bisa mendapatkan pengalaman menjadi menjadi petani sehari, mulai dari turun langsung ke sawah, membawa bibit padi dan menancapkannya langsung di lumpur. Atau anda ingin merasakan kehidupan ala pedesaan? Di Desa Brayut, kesempatan itu terbuka lebar,  Anda bisa tinggal bersama warga desa, makan makanan tradisional dan banyak hal lainnya, anda juga bisa memperkenalkan pada si kecil tentang kehidupan Jawa di masa lalu, sekaligus memperkenalkan budaya dan adat istiadat yang berbeda.

Desa Wisata Brayut
Alamat: Desa Brayut, Pandowoharjo, Sleman, D.I. Yogyakarta.
Telepon: 0815 7879 3014 (Darmadi)
Jam Operasional: 08.00 – 21.00 (Senin – Jumat)
Tiket Masuk: Mulai dari Rp3.000,- untuk setiap momen pembelajaran
 
  • Museum Dirgantara Yogyakarta
Apakah anak anda bercita-cita menjadi seorang pilot? Dengan mengunjungi Museum Dirgantara ini, bisa menjadi langkah awal untuk mewujudkan mimpi buah hati Anda. Di museum yang sudah berdiri sejak April 1969 ini, Anda bisa mengajak si kecil menyaksikan beragam jenis pesawat dari dekat. Ada 36 pesawat terbang yang berada di tempat ini, terutama jenis pesawat tempur, si kecil bahkan bisa masuk ke dalamnya dan melihat langsung seperti apa isi dan juga bentuk kokpit pesawat tersebut.Selain itu, museum ini juga menyimpan koleksi replika pesawat Dakota VT-CLA milik perusahaan penerbangan India. Pesawat tersebut ditembak jatuh di daerah Ngoto, Bantul oleh Belanda saat jaman penjajahan. Selain mengenalkan jenis-jenis pesawat, anak anda juga bisa menambah pengetahuan tambahan mengenai sejarah di masa lalu. Sangat berkesan bukan? 

Museum Dirgantara Yogyakarta
Alamat: Kompleks Landasan Udara Adisucipto, Jl. Kolonel Sugiono, Banguntapan, Bantul, D.I. Yogyakarta
Telepon: (0274) 564 466
Jam Operasional: 08.00 – 15.00 (Selasa – Minggu)
Tiket Masuk: Rp4.000,-

Sepulangnya dari berwisata di Jogja, si kecil tidak hanya puas bermain, tapi juga bisa mendapat banyak ilmu tambahan yang bermanfaat. Segera rencanakan perjalanan liburan ke Yogyakarta, dan untuk kenyamanan liburan Anda, jangan lupa untuk booking hotel terlebih dahulu, lakukan pembookingan melalui situs booking hotel online terpecaya. Kunjungi situs www.reservasi.com untuk memudahkan proses booking hotel secara mudah, aman dan nyaman. Selamat berlibur! 


Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
21 August 2017 at 11:37 delete

Pesawat jetnya keren banget parah :cool:

Reply
avatar